Kawah Kamojang, Menikmati Semburan Uap dan Suara Unik di Tempat Wisata Geothermal Garut

Tempat wisata Garut - Kabupaten Garut merupakan wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Barat dan sangat kental dengan kebudayaan Sunda. Kabupaten ini terletak di dataran tinggi berbukit, jadi tak heran jika Garut memiliki pesona wisata alam yang masih sangat asri dan juga indah. Salah satu objek wisata di Garut yang dapat Anda kunjungi adalah Kawah Kamojang. Kawah Kamojang merupakan objek wisata pegunungan yang berada di perbatasan Garut-Bandung, tepatnya di Kecamatan Ibun.
Tempat Wisata Kawah Kamojang  di Garut
Tempat Wisata Kawah Kamojang  di Garut
Lokasi kawah ini juga dikelola menjadi tempat Pembangkit Listrik tenaga panas bumi pertama di Indonesia. Kawasan Kawah Kamojang memiliki 23 buah kawah, dan dua diantaranya berbentuk danau dengan asap yang mengepul. Sedangkan kawah lainnya berbentuk seperti lubang-lubang dan merupakan tempat keluarnya semburan asap dari panas bumi.

Untuk sampai ke lokasi Kawah Kamojang, Anda bisa melalui rute Garut - Semarang - Kamojang. Sepanjang jalan rute ini, Anda akan disuguhi pemandangan alam hijau pepohonan, sehingga Anda tidak akan merasa jenuh. Sebelum memasuki wilayah Kamojang, Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang tidak biasa, yaitu pipa-pipa besar dan panjang yang merupakan bagian dari Pembangkit Listrik.

Tidak jauh dari pintu masuk kawah Kamojang, Anda akan disambut dengan dua kawah kecil, yaitu Kawah Manuk dan juga Kawah Berecek. Kawah manuk memiliki keunikan tersendiri, yaitu beberapa lubang yang ada di sana dapat mengeluarkan bunyi seperti burung (manuk). Sedangkan Kawah Barecek merupakan kawah yang tidak terlalu aktif lagi. Nah, setelah melewati kedua kawah ini, Anda akan tiba di tempat parkir.

Kawah Kamojang Garut memiliki beragam keunikan. Selain Kawah Manuk yang dapat mengeluarkan suara seperti burung, Anda juga akan dapat melihat semburan dari beberapa titik kawah. Dari lokasi parkir, Anda bisa mendengar suara gemuruh dari semburan kawah.

Di lokasi Kawah Kamojang juga terdapat satu kawah yang disebut dengan Kawah Kereta, dinamai demikian karena kawah ini dapat mengeluarkan suara yang mirip dengan pluit kereta api, dengan tekanan kepulan asap yang sangat tinggi. Bahkan jika kita meletakkan sebuah botol kosong diatasnya maka botol tersebut akan terpental jauh.
Tempat Wisata di Garut, Kawah Kereta
Tempat Wisata di Garut - Kawah Kereta
Di bagian atas Kawah Kereta, terdapat satu kawah yang bernama Kawah Hujan. Untuk sampai ke kawah ini, Anda harus mendaki selama beberapa puluh meter. Kawah Hujan biasanya dijadikan tempat mandi uap oleh para pengunjung.

Banyak yang percaya jika uap dari Kawah Hujan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti penyakit kulit, rhematik, dan lain sebagainya. Uap yang disemburkan oleh Kawah Hujan memiliki tekanan yang berbeda-beda. Anda dapat mandi uap di tempat yang bertekanan cukup besar namun tenang dan tidak agresif.

Tapi tentu saja saat mandi uap, Anda harus dipandu dengan penjaga atau kuncen kawah tersebut. Kawah Hujan juga memiliki semburan yang berbahaya di lubang lainnya. oleh karena itu pengelola memasang pagar besi agar para pengunjung tidak terlalu dekat dengan semburan karena terlalu beresiko dan berbahaya.

Aliran air yang terdapat di Kawah Kamojang Garut juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi pengunjung kawah. Air ini dipercaya memiliki khasiat yang baik untuk kulit. Jadi jangan heran jika para pengunjung lain mengambil air dari aliran air ini untuk kemudian dibawa pulang.

Jika Anda ingin menginap di kawasan Kawah Kamojang, di sini terdapat sebuah cottage berkamar satu. Namun untuk dapat makan, Anda harus memasak sendiri. Karena tidak ada tempat makan yang buka pada malam hari. Lokasi Kawah Kamojang juga biasanya digunakan untuk acara berkemah.

Demikian postingan tentang tempat wisata di Garut yang berupa wisata geothermal atau panas bumi kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi kepada pembaca sekalian.

Subscribe to receive free email updates: