Objek Wisata Goa Lowo Trenggalek Jawa Timur yang Eksotis

Objek Wisata Goa Lowo
Objek Wisata Goa Lowo - Bagi Anda yang menyukai keindahan goa-goa yang eksotis, tidak ada salahnya jika mengunjungi goa yang satu ini, Goa Lowo. Dalam bahasa Indonesia lowo artinya kelelawar. Goa ini diberi nama lowo karena dulunya di dalam goa ini dipenuhi ribuan kelelawar. Dan saking banyaknya kelelwar yang hidup di dalamnya, baunya sampai menyeruak, menusuk hidung. Bahkan sampai saat ini pun masih ada kelelawar yang hidup di dalam goa tersebut.

Objek wisata Goa Lowo berada di Kecamatan Watulimo, tepatnya di Desa Watuagung, Trenggalek, Jawa Timur. Lokasinya sekitar 30 km dari Kota Trenggalek. Untuk mencapai lokasi ini tidaklah sulit, karena rutenya searah dengan rute menuju Pantai Prigi. Pada setiap sisi jalan, pengunjung bisa melihat plang kayu penunjuk jalan yang memberikan informasi keberadaan Goa Lowo.

Akses jalannya juga mudah dan relatif bagus, sehingga dapat dilalui oleh kendaran roda dua atau pun empat. Dengan membayar harga tiket yang relatif murah, pengunjung bisa masuk dan menikmati keindahan lokasi ini.

Sesampainya di lokasi Goa Lowo, pengunjung akan mendapatkan suasana asri dan damai. Goa Lowo dikelilingi dengan pohon-pohon jati, udara segar pegunungan pun terasa sangat menyejukkan. Bagian halaman depan goa pun telah tertata dengan rapi. Jalan–jalan disekitarnya juga sudah dipaving dan berbagai macam tumbuhan ditanam sedemikian rupa sehingga membentuk taman-taman yang asri.

Di sini, pengunjung juga bisa melihat beberapa buah patung yang mungkin memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Trenggalek. Selain itu, juga ada berbagai macam fasilitas, seperti taman bermain, warung makan, toilet dan mushola yang disediakan untuk pengunjung.

Untuk mencapai ke mulut goa, pengunjung harus melewati jembatan yang terus terhubung hingga masuk ke dalam goa. Objek wisata Goa Lowo memiliki panjang keseluruhan sekitar 2 kilometer, akan tetapi hanya sekitar 900 meter saja yang bisa dinikmati keindahannya oleh pengunjung.

Untuk menikmati sisa bagian goa yang panjangnya sekitar 1.100 meter, pengunjung harus menyelam ke dalam sungai bawah tanah yang terdapat di dalam goa sedalam 10 meter. Bagian dalam goa terbagi menjadi 9 ruangan yang tinggi dan luas dengan keindahan stalagtit dan stalagmitnya yang panjang menjulang.

Tak dapat dibayangkan seberapa tua umur goa ini, karena butuh waktu yang sangat lama untuk menciptakan keindahan stalagtit dan stalagmit seperti itu. Semakin masuk kedalam, pengunjung akan mendengar suara decitan kelelawar yang hidup di dalam goa. Bahkan baunya juga bisa tercium. Setelah berjalan sekitar 900 meter, akses jalan akan terhenti.

Tak ada suasana mencekam di dalam goa ini. Yang ada hanyalah keindahan yang dibentuk secara alami selama ratusan ribu bahkan jutaan tahun. Di dalam goa yang luas ini sudah di lengkapi dengan fasilitas penerangan, sehingga para pengunjung akan lebih mudah menikmati keindahan di sekitar objek wisata Goa Lowo ini.

Pancaran cahaya yang sedemikaian rupa ini menambah keindahan stalagtit dan stalagmit yang ada di dalam goa. Selain itu, jalan–jalan untuk menyusuri goa pun sudah diberi pagar, sehingga pengunjung akan merasa lebih aman dan nyaman saat melihat isi dalam goa. Bahkan di dalam goapun sering diputar alunan musik untuk mengiringi perjalanan pengunjung menyusuri goa dan menikmati keindahannya.

Demikian sekilas perjalanan wisata menapaki Goa Lowo yang terletak di Trenggalek, Jawa Timur. Bagi Anda yang menyukai wisata goa, maka Goa Lowo ini tidak ada salahnya untuk Anda kunjungi, karena memang layak untuk dikunjungi. Satu hal lagi yang perlu diingat, kemanapun Anda berwisata, selalu jagalah kebersihan dengan tidak membuang dan meninggalkan sampah di tempat wisata yang Anda kunjungi.

Subscribe to receive free email updates: