Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang Flores yang Tersembunyi

Objek Wisata Air Terjun Cunca Wulang yang Tersembunyi
Air Terjun Cunca Wulang - Flores memang penuh dengan pemandangan alam yang sangat memikat. Mulai dari keindahan alam di daratannya hingga alam bawah lautnya. Maka tak heran jika Flores merupakan salah satu destinasi wisata bagi masyarakat Indonesia bahkan bagi warga negara asing.

Salah satu tempat di Flores yang terkenal dengan keindahannya adalah Labuan Bajo. Labuan Bajo adalah sebuah pelabuhan yang merupakan pintu gerbang untuk menuju Taman Nasional Komodo dan juga keindahan alam Flores lainnya.

Salah satu keindahan alam yang terdapat di Labuan Bajo adalah objek wisata air terjun Cunca Wulang. Dinamakan Cunca Wulang karena lokasi air terjun ini terdapat di Desa Cunca Wulang, Kec. Mbeilling, Kab. Manggarai Barat, NTT. Bila diartikan kedalam bahasa Indonesia, Cunca dan Wulang sendiri berarti air terjun dan Bulan.

Dari ibu kota Manggarai Barat, Labuan Bajo, lokasi air terjun ini berjarak sekitar 30 Km dan dapat ditempuh selama kurang lebih 1,5 jam hingga 2 jam perjalanan. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan yang banyak disewakan di sekitar penginapan di Labuan Bajo.

Air terjun Cunca Wulang sendiri terdapat di kawasan hutan Mbeilling. Sebenarnya di kawasan ini masih ada dua air terjun lainnya, yang tentu saja memiliki keindahan dan pesona masing-masing. Dua air terjun lainnya yang dapat Anda temukan di kawasan hutan ini adalah air terjun Cunca rami dan Cunca Lolos.

Setibanya di Desa Wersawe, yang merupakan pintu gerbang air Terjun Cunca Wulang, Anda bisa mendaftar dan mengisi buku tamu serta menyewa jasa pemandu yang akan menunjukkan kepada Anda jalan menuju air Terjun Cuca Wulang.

Kemudian perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui hutan dan bebatuan, serta menyusuri semak-semak. Kira-kira Anda harus berjalan sejauh 1 jam perjalanan.

Walaupun medan perjalanannya bisa dibilang tidak terlalu sulit, namun tetap saja dapat menguras tenaga Anda. Setibanya di lokasi Cuca Wulang, perjalanan akan dilanjutkan dengan mendaki selama 10 menit untuk benar-benar sampai di air terjun.

Keindahan objek wisata air terjun Cunca Wulang dapat membius mata yang memandang. Sekilas, air terjun ini terlihat seperti Grand Canyon versi kecil dengan aliran sungainya berada diantara tebing bebatuan besar dan air terjunnya berada di atas batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan.

Karena air terjun Cunca Wulang terletak di ketinggian 200 meter dpl, tentu saja air yang dialirkan begitu dingin dan sejuk. Di sungai aliran air terjun ini, Anda bukan hanya bisa bermain-main air tetapi juga berenang, karena kedalaman sungai ini tidaklah terlalu dalam.

Selain itu, Anda juga bisa berkeliling dengan memanjat bebatuan, karena bebatuan di sekitar air terjun tidaklah tajam. Jika Anda mempunyai nyali yang cukup besar, Anda bisa terjun dari atas batu ke sungai.

Tetapi tentu saja Anda harus menanyakan terlebih dahulu kepada pemandu apakah kondisi sungai bisa dikatakan aman jika harus meloncat dari atas. Karena pada saat musim kemarau, biasanya intensitas air cenderung berkurang.

Duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan air terjun dari atas pun bisa Anda lakukan. Berwisata ke tempat ini sungguh akan memberikan Anda pengalaman yang luar biasa serta tidak dpat dilupakan.

Subscribe to receive free email updates: