Wisata Indonesia dan Dunia

Menikmati Keindahan Pantai dan Air Terjun Banyu Tibo

Pantai dan Air Terjun Banyu Tibo
Keindahan Pantai dan Air Terjun Banyu Tibo - Suka berlibur di lokasi pantai? Atau suka bermain air di air terjun? Atau mungkin suka kedua-keduanya? Nah, Pantai dan air terjun memang biasanya berada di lokasi yang berbeda, walaupun aliran air terjun akhirnya akan bermuara ke laut. Tapi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pantai dan air tejun secara bersamaan di lokasi yang sama, tentu saja bisa.

Pantai Banyu Tibo berada di wilayah Pacitan, dalam bahasa Indonesia, Banyu Tibo artinya air jatuh atau bisa dikatakan air terjun. Dinamakan demikian karena di lokasi pantai ini terdapat sebuah air terjun, karena itulah masyarakat setempat memberinya nama Banyu Tibo.

Aliran air dari air terjun Banyu Tibo berasal dari sebuah sungai yang walaupun musim kemarau airnya tidak pernah kering dan cucuran air dari air terjun ini akan langsung bermuara ke bibir pantai. Hal itu tentu saja membuat pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lainnya.

Pacitan memang memiliki pemandangan alam yang luar biasa, selain goa-goa yang banyak terdapat disana, pantai-pantai yang indah dan mempesona pun banyak terdapat di wilayah ini.

Pantai dan air terjun Banyu Tibo berlokasi di Desa Widoro, Kec. Donorojo. Untuk bisa kesana, Anda bisa betanya kepada penduduk setempat, karena rata-rata mereka mengetahui jalur menuju pantai ini.

Jika kita membayangkan pantai, pastilah yang ada dibenak kita adalah bentangan alam yang luas dengan pasir putihnya. Tapi di pantai Banyu Tibo, Anda akan merasakan pemandangan yang berbeda.

Pantai Banyu tibo berbentuk seperti cekungan yang dikelilingi oleh tebing batu yang di sekitarnya juga terdapat banyak batu karang. Di sekitar pantai juga terdapat bukit-bukit kecil yang ditumbuhi dengan rerumputan, semak belukar, dan pepohonan. Hal tersebut tentunya menambah keasrian tempat ini.

Kondisi Pantai Banyu Tibo sungguh bersih, pasirnya putih dengan air yang sangat jernih. Rasanya sangat menyenangkan bermain air di tepi pantai dan mandi di air terjun disaat yang bersamaan. Sungguh sensasi yang sangat luar biasa.

Untuk bisa bermain-main di bibir pantai, tentunya pengunjung harus memperhatikan waktu yang pas, yaitu ketika air laut sedang surut. Karena ketika air pasang, maka pantai dengan pasir putihnya akan tertutup oleh air laut. Jadi para pengunjung hanya bisa bermain air di sekitar air terjun Banyu Tibo saja.

Akan tetapi, walaupun hanya bermain air sambil memandang kearah laut lepas, tetap saja memberikan sensasi yang luar biasa. Bahkan walaupun hanya sekedar duduk-duduk di atas karang sambil memandang keindahan laut pun sudah sangat menyenangkan.

Selain menikmati segarnya air, pengunjung yang hobi memancing juga bisa menyalurkan hobinya disini. Penduduk lokal biasanya menggunakan area ini untuk mencari ikan. Duduk-duduk memancing sambil menikmati keindahan alam laut yang terbentang luas dengan deburan ombak yang menerjang sungguh sangat menentramkan hati.

Jadi sungguh sangat sayang jika Anda melewatkan keindahan alam yang ada di Banyu Tibo ini. Dan seperti biasanya, sebelum saya menutup postingan kali ini, perlu diingat, kemanapun Anda berwisata, selalu jagalah kebersihan dengan tidak membuang dan meninggalkan sampah di tempat wisata yang Anda kunjungi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menikmati Keindahan Pantai dan Air Terjun Banyu Tibo"

Post a Comment