Danau Kaolin Belitung - Sebuah Danau Kawah Putih yang Mempesona

Danau Kaolin, Belitung
Danau Kaolin - Danau Kaolin adalah danau yang terbentuk dari lubang besar bekas tambang kaolin. Kaolin merupakan mineral yang biasanya digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik ataupun pasta gigi. Aktifitas tambang ini membentuk lubang-lubang galian dan juga timbunan yang menumpuk, kemudian dibiarkan begitu saja tanpa adanya rehabilitasi kembali. Dengan berbagai kerusakan alam yang diakibatkan oleh aktivitas penambangan, lambat laun lubang bekas tambang ini terisi air sehingga membentuk sebuah danau.

Air Danau Kaolin Belitung memiliki warna biru toska dengan dinding-dinding bukit berwarna putih di sekelilingnya. Danau Kaolin terletak di Desa Air Raya, Tanjung Pandan, Belitung. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Tanjung Pandan, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk dapat mencapai lokasi danau ini. Letaknya yang berada di pinggir jalan, membuat danau ini dapat dengan mudah dikunjungi oleh siapa saja yang ingin menikmati keindahannya.

Danau Kaolin memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona. Timbunan bekas galian terlihat seperti bukit-bukit yang berwarna putih bersih. Warna putih ini membuat Danau Kaolin tampak mirip seperti danau kawah putih yang ada di Ciwidey. Namun bedanya, jika Danau Ciwidey mengandung mineral belerang dan berbau menyengat, maka Danau kaolin yang berasal dari kandungan kaolin tidak berbau menyengat.

Airnya juga bisa dikatakan aman, karena banyak warga yang menggunakan air dari danau ini untuk mandi dan mencuci. Anak-anak yang tinggal di sekitar lokasi danau pun sering menggunakan danau ini untuk berenang. Apalagi warga percaya jika kandungan yang terdapat dalam air Danau Kaolin dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan lembut. Walaupun di salah satu danau ada papan larangan untuk berenang karena karena danau tersebut memiliki kedalaman yang lumayan dalam.

Danau Kaolin Untuk Pewedding

Keindahan Danau Kaolin mampu memanjakan mata yang memandang. Warna air yang biru, daratan yang putih, ditambah dengan warna hijau dari pepohonan yang tumbuh disekitarnya, menjadikan danau ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona. Tak salah jika tempat ini biasa digunakan sebagai lokasi foto prewedding ataupun acara lainnya.

Pemandangan Danau Kaolin

Bagi Anda yang suka dengan fotografi, tempat ini pun sangat cocok dijadikan tempat menyalurkan hobi. Dari kejauhan, tumpukan bekas galian yang ada di Danau Kaolin ini tampak seperti gunung Bromo di Jawa Timur, lengkap dengan pasirnya. Hanya saja warna gunung dan pasirnya adalah putih.

Namun, di balik keindahan yang tersimpan di Danau Kaolin Belitung, penambangan terbuka terus saja dilakukan. Alat-alat berat masih bekerja dan beroperasi sehingga menimbulkan kerusakan yang lebih banyak. Kerusakan alam yang diakibatkan oleh penambangan adalah hal yang sangat merugikan.

Sudah seharusnya pemerintah berupaya menghentikan aktifitas penambangan ditempat ini dan mengolahnya menjadi lokasi wisata resmi. Rehabilitasi Danau Kaolin sudah sepatutnya dilakukan, sehingga kelestarian alam sekitarnya akan selalu terjaga.

Subscribe to receive free email updates: