Bagaimana Menuju Labuan Cermin

Bagaimana Menuju Labuan Cermin - Anda pasti pernah mendengar sebuah pepatah 'banyak jalan menuju Roma', begitupula dengan menuju Labuan Cermin yang terletak di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Dari Luar Pulau dengan Maskapai Penerbangan (Jakarta, Surabaya, Makasar, dll)
Walaupun Kalimantan terkenal dengan hutan belantaranya, Anda jangan khawatir. Untuk menuju Danau Labuan Cermin, bila Anda berasal dari luar pulau, bisa menggunakan maskapai penerbangan nasional dengan tujuan Tanjung Redep, ibu kota Kabupaten Berau. Biasanya pesawat tujuan Bandara Kalimarau di Kabupaten Berau akan transit terlebih dahulu di Bandara Spinggan, Balikpapan dan kemudian akan dilanjutkan menuju Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau.
Bagaimana Menuju Labuan Cermin
Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau di malam hari (Foto by : travel.detik.com)
Bagaimana Menuju Labuan Cermin
Bandara Kalimarau, Kabupaten Berau di siang hari (Foto by : travel.detik.com)

Kemudian, setelah Anda mendarat dan sampai di Kabupaten Berau, Anda bisa menggunakan jasa mobil travel dari Kabupaten Berau menuju Kecamatan Biduk-Biduk dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 4-5 jam. Sebaiknya travel ini dipesan dihari sebelumnya agar memudahkan perjalanan Anda. Untuk kisaran biaya travel, kita ambil harga yang termurah pada saat itu Rp. 130.000,- per orang, sebaiknya Anda menyiapkan dana yang lebih, karena ditakutkan harga jasa travelnya sudah naik seiring dengan kenaikan harga BBM.

Setelah Anda menempuh perjalanan sekitar 6-7 jam, Anda akan sampai di Kecamatan Biduk-Biduk. Di Kecamatan Biduk-Biduk ini, Anda akan disuguhi pemandangan yang indah dengan pantai yang panjang. Kemudian untuk menuju Danau Labuan Cermin Anda cukup menuju Desa Labuan Kelambu, di sana Anda akan disambut dengan tulisan 'Selamat Datang di Kawasan Wisata Bahari Labuan Cermin Danau Dua Rasa'.
Bagaimana Menuju Labuan Cermin
Selamat Datang di Kawasan Wisata Bahari "Labuan Cermin" Danau Dua Rasa
Bagaimana Menuju Labuan Cermin
Selamat Datang di Labuan Cermin
Setelah itu Anda akan berjalan seebentar menuju jembatan kayu untuk menyewa perahu yang digunakan untuk mengantar Anda menyebrang menuju tempat tujuan Anda, Danau Labuan Cermin. Tarif sekali jalan menyewa perahu Rp. 100.000,- sebaiknya siapkan dana lebih. Di sekitar jembatan kayu itu, tempat Anda menyewa perahu, juga menyewakan alat-alat berenang, seperti pelampung, snorkle, kaki katak, dsb. Tips untuk menghemat biaya, sebaiknya Anda membawa sendiri perlengkapan tersebut, jadi tidak perlu menyewa lagi.
Bagaimana Menuju Labuan Cermin
Jembatan Kayu di Labuan Kelambu
Bagaimana Menuju Labuan Cermin
Perahu Penyebrangan

Perjalanan menuju Danau Labuan Cermin dilanjutkan dengan perahu yang disewa tadi selama beberapa menit. Nikmatilah pemandangan selama perjalanan. Bila beruntung, Anda akan melihat beberapa ekor penyu yang berenang dan sesekali muncul ke permukaan air, serta hewan air lainnya. Anda dapat melihat biota air dengan jelas, karena airnya begitu bening.
Bagaimana Menuju Labuan Cermin
Menuju Danau Labuan Cermin dengan Perahu

Nah, akhirnya Anda tiba di tempat tujuan, Danau Labuan Cermin. Di sini disediakan bilik untuk ganti baju, walaupun bentuknya sederhana. Kemudian apabila Anda melihat ada disediakan beberapa pelampung berupa ban dalam, jangan lanngsung pakai dan menganggap itu adalah fasilitas gratis, karena itu dikenakan biaya juga. Selamat menikmati keindahan panorama alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Untuk Anda yang berencana menginap beberapa hari, akan dibahas di postingan berikutnya.
Bagaimana Menuju Labuan Cermin
Danau Labuan Cermin

Subscribe to receive free email updates: